Novel Kalam Cinta dari Tuhan:Pencarian Makna Hidup dalam Novel Kalam Cinta dari Tuhan Karya Ali Sobirin El-Muannatsy (Ditinjau dari Nilai Pendidikan Akhlaq)

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) AI NURAENI
Subject(s)
Classification skripsi PAI
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI
Publishing Year 2010
Publishing Place Tasikmalaya
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK
AI NURAENI. Novel Kalam Cinta dari Tuhan: Pencarian Makna Hidup dalam Novel Kalam Cinta dari Tuhan Karya Ali Sobirin El-Muannatsy (Ditinjau dari Nilai Pendidikan Akhlaq) Skripsi. Tasikmalaya: Sekolah Tinggi Agama Islam Tasikmalaya 2010

Permasalahan yang dirumuskan penulis adalah: Bagaimana isi dan pesan novel Kalam Cinta dari Tuhan karya Ali Sobirin El-Muannatsy?, Bagaimana nilai pendidikan akhlaq dalam novel Kalam Cinta dari Tuhan karya Ali Sobirin El-Muannatsy kaitannya dengan kehidupan personal? Dan Bagaimana konsep pencarian makna hidup dalam novel Kalam Cinta dari Tuhan
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang isi novel Kalam Cinta dari Tuhan ditinjau dari perspektif pendidikan akhlak, pandangan pembaca novel Kalam Cinta dari Tuhan hubungannya dengan kehidupan personal serta prinsip-prinsip pemikiran yang terdapat dalam novel Kalam Cinta dari Tuhan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan Agama Islam khususnya bidang akhlak dalam bentuk novel, dapat memberi sumbangan positif ke arah penelitian selanjutnya, serta dapat dijadikan sebagai sumber alternatif bagi guru untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada peserta dididk.
Karya sastra lahir ditengah masyarakat sebagai hasil imajinasi pengarang dan merupakan refleksi terhadap gejala-gejala sosial disekitarnya. Menurut Andre Hardjana, karya sastra merupakan ungkapan dari apa yang telah dialami orang dalam kehidupan. Apa yang telah direnungkan atas kejadian-kejadian dalam kehidupan kemudian di ekspresikan melalui bahasa dan menjadilah karya sastra. Sehebat apapun orang, sebanyak apapun pengalaman yang dia kecap selama hidupnya itu semua tidak akan menjadi karya sastra karena untuk lahirnya sebuah karya sastra memerlukan ekspresi dan bahasa.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library researh). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kritik pragmatik (pragmatis criticism). Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dengan menyelidiki benda-benda tertulis yang berkaitan dengan penelitian ini serta metode interview dengan mewawancarai sejumlah pembaca novel Kalam Cinta dari Tuhan. Analisis data dilakukan dengan memberikan perhatian pada isi pesan (analisys content) yang terdapat dalam novel Kalam Cinta dari Tuhan.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis). Analisis isi digunakan oleh peneliti, karena peneliti hendak mengungkap, memahami dan mengungkap pesan karya sastra. Dalam hal ini, peneliti mengandalkan tafsir sastra yang rigid, artinya peneliti telah membangun konsep yang akan diungkap, baru kemudian mendalami karya sastra.ini.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ditinjau dari perspektif pendidikan akhlak, novel Kalam Cinta dari Tuhan mengandung pesan-pesan pendidikan akhlak. Pesan pendidikan akhlak dalam novel Kalam Cinta dari Tuhan mencakup: Pertama, pendidikan akhlak terhadap Allah SWT yang meliputi: taqwa, ikhlas , raja' (senantiasa berharap), tawakkal, syukur, muraqabah dan taubat; Kedua, pendidikan akhlak terhadap sesama manusia yang meliputi shidiq (jujur), amanah (dapat dipercaya), syaja'ah (berani), tawadlu' (rendah hati), sabar, pemaaf, birrul walidain (berbuat baik kepada kedua orang tua), bertamu dan memuliakan tamu dan murah hati; Ketiga, pendidikan akhlak terhadap lingkungan.(2) Pandangan pembaca novel Kalam Cinta dari Tuhan hubungannya dengan kehidupan personal adalah sebagai berikut: pertama, bagi pembaca dengan berlatar pengetahuan agama yang minim, novel Kalam Cinta memberi inspirasi dan motivasi untuk memperdalam ilmu agama; kedua, bagi pembaca dengan ekonomi yang tidak memadai, novel Kalam Cinta dari Tuhan memotivasinya untuk hidup mandiri secara ekonomi; ketiga, bagi pembaca dengan latar belakang keluarga kurang mampu dan menuntut ilmu jauh dari keluarga, novel Kalam Cinta dari Tuhan memotivasinya untuk rajin belajar dan berusaha untuk selalu berprestasi; keempat, bagi pembaca yang sudah tidak mungkin tergantung kepada orang tua secara ekonomi dan merantau untuk menuntut ilmu, novel Kalam Cinta dari Tuhan mengingatkannya untuk tidak melupakan tujuan awalnya dan tidak tergoda dengan hal-hal yang bisa menghambatnya. (3) Novel Kalam Cinta dari Tuhan memberi pemikiran tentang cara ber-akhalqul karimah yaitu hubungan yang baik antara manusia dengan Tuhannya, manusia dengan sesamanya dan manusia dengan makhluk lainnya.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Novel Kalam Cinta dari Tuhan:Pencarian Makna Hidup dalam Novel Kalam Cinta dari Tuhan Karya Ali Sobirin El-Muannatsy (Ditinjau dari Nilai Pendidikan Akhlaq) ; filetype:pdf
  Back To Previous