Analisis Atas Pelaksanaan Audit Mutu Internal Untuk Mengevaluasi Efektifitas Penetapan Sistem Manajemen Mutu ISO 2000

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 4210092
ISBN/ISSN
Author(s) Cecep I.
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language Indonesia
Publisher STIE Kesatuan Bogor
Publishing Year 2009
Publishing Place Bogor
Collation
Abstract/Notes Cecep Iskandar, NRP : 04210092. Analisa Atas Pelaksanaan Audit Mutu Internal untuk Mengevaluasi Efektifitas Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000. Studi kasus pada PT. Murni Cahaya Pratama. Dibawah bimbingan Bpk. Hastoni, Ak., MM.


Audit Mutu Internal merupakan kegiatan yang sangat penting dan merupakan keharusan dalam penerapan standar ISO 9001:2000, yang bertujuan untuk memantau mutu dengan melakukan verifikasi kesesuaian dan keefektifan kegiatan penerapan sistem mutu dibandingkan terhadap standar acuan serta kebijakan-kebijakan yang sudah ditentukan. Audit Mutu Internal adalah suatu penilaian proses dan sistem untuk melihat proses apakah proses dan sistem tersebut berjalan sesuai dengan prosedur terdokumentasi dan untuk melihat keefektifan dari prosedur tersebut. Dengan melakukan penilaian ini, perusahaan akan mengetahui kondisi atau keadaannya saat ini. Pada akhirnya, hasil dari audit ini akan dijadikan alat/bahan dalam melakukan tindakan perbaikan/pencegahan yang mengarah pada peningkatan. Oleh karena itu, standar internasional menekankan pentingnya audit sebagai alat pemantau dan verifikasi.

ISO 9001:2000 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen mutu. ISO 9001:2000 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu, yang memiliki tujuan untuk memastikan bahwa suatu organisasi akan memberikan produk yang sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. ISO 9001:2000 hanya merupakan standar sistem manajemen mutu dan bukan merupakan standar produk. Namun diharapkan bahwa produk yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen mutu internasional akan menghasilkan produk yang memiliki kualitas sesuai standar.

Pelaksanaan Audit Mutu Internal di PT. Murni Cahaya Pratama menunjukan bahwa program Audit Mutu Internal sudah sesuai dengan rencana dan prosedur yang ada. Hasil dari Audit Mutu Internal dijadikan dalam upaya improvement baik dalam sistem, proses dan produk. Sejauh ini sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 yang diterapkan di PT. Murni Cahaya Pratama cukup efektif dan efisien. Namun ada beberapa hal yang menunjukan terjadinya inefisiensi dan inefektivitas, hal ini dapat dilihat dari ketidaksesuaian atau temuan audit yang ditemukan pada saat dilakukan audit mutu internal yaitu sebagian besar terjadi karena kesalahan manusia (human error) dan kurangnya pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya dokumentasi terutama karyawan baru.

Saran dari penulis atas hasil Audit Mutu Internal yang telah dilakukan di PT. Murni Cahaya Pratama adalah sebaiknya segera dilaksanaan pelatihan ISO 9001:2000 dan Internal Quality Auditor untuk periode tahun 2009, sehingga semua karyawan memahami pentingnya prosedur dan dokumentasi untuk dijalankan dengan baik dan menambah kemampuan auditor dalam proses audit. Menetapkan prosedur untuk pengembalian barang dari customer (return), sehingga pada saat personil Technical Service mengembalikan barang dari customer ke gudang berjalan dengan baik sesuai prosedur. Konsisten dalam melakukan penilaian terhadap pemasok (supplier) dan memelihara rekaman hasil penilaian tersebut.

Keywords : Audit Mutu Internal, Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Analisis Atas Pelaksanaan Audit Mutu Internal Untuk Mengevaluasi Efektifitas Penetapan Sistem Manajemen Mutu ISO 2000 ; filetype:pdf
  Back To Previous