Peranan By Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Manajemen Guna Meningkatkan Laba Bersih (Studi Kasus Pada PD. Multi Sarana)

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 5210065
ISBN/ISSN
Author(s) Novita Jely
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language Indonesia
Publisher STIE Kesatuan Bogor
Publishing Year 2009
Publishing Place Bogor
Collation
Abstract/Notes NOVITA JELY.NRP : 05210065. Peranan Biaya Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Meningkatkan Laba Perusahaan. Studi kasus pada PD. Multi Sarana. Dibawah bimbingan Hendra Setiawan.

Pengambilan keputusan merupakan salah satu proses menajemen yang penting bagi setiap perusahaan. Manajemen sering kali mengambil keputusan diantara dua alternatif atau lebih dimana keputusan mereka didasarkan pada konsekuensi keuangan dari setiap tindakan yang akan diambil. Dalam proses pengambilan keputusan, biaya dan manfaat dari suatu alternatif harus dibandingkan dengan biaya dan manfaat dari aternatif lain. Biaya yang berbeda diantara berbagai alternatif yang tersedia disebut biaya relevan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui biaya relevan dalam pengambilan keputusan khususnya pada perusahaan dagang. Pengambilan keputusan dilakukan dengan menganalisa biaya yang terkait pada alternatif keputusan pada masalah yang dihadapai pada perusahaan. Terkadang manajemen mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan karena kurangnya data atau banyaknya data dengan demikian manajemen harus dapat memilih data mana yang termasuk data yang relevan. Penelitian yang dilakukan penulis adalah di PD. Multi Sarana yang berlokasi di Jakarta. PD. Multi Sarana adalah perusahaan dagang yang bergerak dalam bidang perdagangan seperti impor, jual beli barang dan disrtibusi, barang yang didagangkan adalah berupa keramik untuk rumah tangga.

Hasil penelitian menunjukan bahwa PD. Multi Sarana mempunyai masalah dalam menghadapi barang yang volume penjualannya lambat. Dari masalah tersebut manajemen mempunyai dua alternatif. Alternatif keputusan yang pertama yaitu menahan barang dagang dan alternatif keputusan yang kedua menjual barang dagang. Jika perusahaan mengambil alternatif keputusan untuk menahan barang dagang karena manajemen ingin mencapai target yang telah ditetapkan dan menghindari kerugian dalam laporan keuangan sedangkan jika manajemen mengambil alternatif keputusan menjual barang dagang dibawah harga pasar manajemen karena menghindari kerusakan barang dagang dan menghindari barang tidak laku sama sekali.

Hasil penelitian dalam penelitian ini menujukan bahwa pengambilan keputusan dalam perusahaan tidak dapat diputuskan dengan tergesak-gesak, pengambilan keputusan harus didukung dengan data yang relevan dan harus dapat mengidentifikasi manfaat dan biaya dari masing-masing alternatif. Sehingga manajemen dapat mengambil keputusan dengan yang benar. Dengan adanya data yang relevan, manajemen dapat menganalisa alternatif mana yang lebih baik. Berdasarkan analisa biaya relevan dan analisa manfaat dan resiko dari masing-masing alternatif keputusan yang tersedia manajemen dapat mengambil keputusan untuk menjual barang dagang dibawah harga pasar karena dapat mendatangkan pendapatan yang lebih cepat walaupun perusahaan mengalami kerugian.

Kata kunci : biaya relevan, pengambilan keputusan, menahan barang, menjual barang.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Peranan By Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Manajemen Guna Meningkatkan Laba Bersih (Studi Kasus Pada PD. Multi Sarana) ; filetype:pdf
  Back To Previous