Evaluasi Sistem Penggajian Karyawan Dalam Kaitannya Dengan Efektifitas Pelaksanaan Pengendalian Intern Pengeluaran Kas Studi Kasus Pada PT. Pondok Pinang Motor

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 5210007
ISBN/ISSN
Author(s) Tandean
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language Indonesia
Publisher STIE Kesatuan Bogor
Publishing Year 2009
Publishing Place Bogor
Collation
Abstract/Notes TANDEAN. NPM : 05210007. Evaluasi Sistem Penggajian Karyawan Dalam Kaitanya Dengan Efektivitas Pelaksanaan Pengendalian Intern Pengeluaran Kas. Studi Kasus Pada PT Pondok Pinang Motor (Auto Craft). Dibawah bimbingan MUANAS.
Gaji adalah pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh karyawan yang berstatus pegawai tetap atau tenaga profesional dan dibayarkan secara tetap setiap bulannya. Dalam suatu sistem penggajian sering kali terjadi kecurangan, manipulasi, dan keterlambatan dalam pemberian gaji kepada karyawan. Penentuan sistem penggajian yang digunakan oleh perusahaan merupakan salah satu hal yang penting karena penggajian melibatkan sejumlah besar sumber daya perusahaan dalam pos beban. Apabila sistem penggajian yang dibuat oleh perusahaan telah dilaksanakan dengan baik maka kerjasama dengan pegawai akan terpelihara dengan baik.
Oleh sebab itu dalam sistem penggajian perlu adanya suatu pengendalian intern yang baik. Dalam pengendalian intern sistem penggajian terdapat empat unsur yaitu : organisasi, sistem otorisasi, prosedur pencatatan, dan praktik yang sehat. Pengendalian aplikasi diterapkan pada penggunaan tertentu dari sistem tersebut. Tahap pengendalian aplikasi adalah : pengendalian masukkan, pengendalian proses, dan pengendalian keluaran. Tujuannya dilaksanakan suatu pengendalian intern yang baik atas sistem penggajian untuk menjaga keamanan harta perusahaan, memeriksa ketelitian dan data akuntansi, meningkatkan efisiensi dalam operasi perusahaan, dan mendorong terlaksananya kepatuhan terhadap kebijakan manajemen yang telah ditetapkan.
Metode penelitian dilakukan dengan penelitian kepustakaan yaitu dengan cara mempelajari buku-buku atau literatur-literatur yang berhubungan dengan penggajian, dan penelitian lapangan dengan terjun langsung kedalam kegiatan perusahaan dan melalui wawancara dengan pihak-pihak yang terkait didalam permasalahan sistem penggajian.
Hasil dari penelitian Evaluasi Sistem Penggajian Karyawan Dalam Kaitanya Dengan Efektivitas Pelaksanaan Pengendalian Intern Pengeluaran Kas yang sedang berjalan didalam perusahaan menunjukkan bahwa semua hal yang berkenaan dengan keuangan perusahaan dan mengenai kepegawaian termasuk didalamnya mengenai masalah penggajian sepenuhnya wewenang dan tanggungjawab ada pada fungsi akuntansi, yang merangkap juga sebagai keuangan dan personalia.
Dari penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa pengendalian intern atas sistem penggajian yang baik sangat penting yang bertujuan untuk menghindari kecurangan dan penyelewengan yang terjadi dalam pelaksanaan prosedur penggajian perusahaan. Saran yang dapat diberikan untuk PT Pondok Pinang Motor adalah perusahaan agar melakukan perbaikan didalam hal perangkapan wewenang dan tanggungjawab, dengan menambah SDM nya untuk ditempatkan pada posisi keuangan dan personalia.
Kata Kunci : Sistem Penggajian, Pengendalian Intern
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Evaluasi Sistem Penggajian Karyawan Dalam Kaitannya Dengan Efektifitas Pelaksanaan Pengendalian Intern Pengeluaran Kas Studi Kasus Pada PT. Pondok Pinang Motor ; filetype:pdf
  Back To Previous