Analisis Perbandingan AkuntansiAset Tetap Berdasarkan PAI, PSAK dan IFRS Dalam Rangka Konvergensi Terhadap IFRS Tahun 2012

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 5210112
ISBN/ISSN
Author(s) Triani
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language Indonesia
Publisher STIE Kesatuan Bogor
Publishing Year 2009
Publishing Place Bogor
Collation
Abstract/Notes TRIANI. NPM : 05210112. Analisis Perbandingan Akuntansi Aset Tetap Berdasarkan PAI, PSAK dan IFRS Dalam Rangka Konvergensi Terhadap IFRS Tahun 2012, Dibawah bimbingan HASTONI.

Akuntansi aset tetap sangat berarti terhadap kelayakan laporan keuangan, kesalahan dalam menilai aset tetap berwujud dapat mengakibatkan kesalahan yang cukup material karena nilai investasi yang ditanamkan pada aset tetap relatif besar. Maka diperlukan standar untuk mengaturnya, yakni PSAK No. 16 (Revisi 2007) yang telah disesuaikan dengan Standar Akuntansi Internasional, yaitu IAS !6 (Property, Plant, and Equipment) dalam rangka menuju proses konvergensi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis serta membandingkan akuntansi aset tetap berdasarkan PAI, PSAK dan IFRS dalam rangka konvergensi terhadap IFRS tahun 2012. Analisis dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara PAI tentang Aktiva Tetap, PSAK No.16 tahun 2004 tentang Aktiva Tetap dan Aktiva Lain-lain, PSAK No. 16 (Revisi 2007) tentang Aset Tetap, dan IAS 16 (Property, Plant, and Equipment). Penelitian yang dilakukan oleh penulis berupa studi literatur, dimana data-data dan informasi diperoleh melalui studi kepustakaan, dan dengan cara mengunjungi situs-situs yang berhubungan dengan topik permasalahan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa perbedaan yang relatif signifikan antara PAI, PSAK dan juga IFRS mengenai hal-hal yang berkaitan dengan konsep aset tetap, diantaranya mengenai perbedaan dalam hal definisi, perbedaan mengenai pengukuran setelah pengakuan awal, dan perbedaan-perbedaan lainnya. Konvergensi terhadap IFRS yang direncanakan dapat tercapai sepenuhnya pada tahun 2012 ini, diharapkan dapat diantisipasi dengan sebaik-baiknya, terutama oleh pihak-pihak terkait seperti pengusaha, manajemen perusahaan, akuntan, termasuk mahasiswa. Sehingga kita semua mampu mengatasi tantangan dalam menghadapi global accounting standard.

Keywords : Aset tetap, PAI, PSAK, IFRS, Konvergensi.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Analisis Perbandingan AkuntansiAset Tetap Berdasarkan PAI, PSAK dan IFRS Dalam Rangka Konvergensi Terhadap IFRS Tahun 2012 ; filetype:pdf
  Back To Previous