Telaahan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan atas Pendapatan yang Terdapat Pada Dinas Pendapatan Keuangan dan Barang Daerah

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 5210069
ISBN/ISSN
Author(s) Leo Christian R.
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language Indonesia
Publisher STIE Kesatuan Bogor
Publishing Year 2009
Publishing Place Bogor
Collation
Abstract/Notes LEO CHRISTIAN. NRP : 05210069. Telaahan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Atas Pendapatan yang Terdapat pada Dinas Pendapatan Keuangan dan Barang Daerah. Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Keuangan dan Barang Daerah. Dibawah bimbingan Bambang Pamungkas dan Rinto Tristiadi.

Standar Akuntansi Pemerintahan adalah prinsip-prinsip akuntansi yang diterapkan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan dan laporan realisasi anggaran pemerintah maupun daerah. Dengan demikian, SAP merupakan persyaratan yang mempunyai kekuatan hukum dalam upaya meningkatkan kualitas laporan keuangan dan laporan realisasi anggaran pemerintah maupun daerah di Indonesia. Sehingga pencatatan yang dilakukan oleh pemerintah maupun daerah bisa sesuai dengan peraturan yang terdapat pada SAP.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan SAP atas pendapatan, proses penyusunan laporan realisasi anggaran, serta penyajian pendapatan pada laporan realisasi anggaran yang terdapat pada Dinas Pendapatan Keuangan dan Barang Daerah. Penelitian yang dilakukan penulis adalah Dinas Pendapatan Keuangan dan Barang Daeran yang terdapat di Kabupaten Bogor. DPKBD merupakan salah satu dinas dari Pemerintah Daerah yang menangani suatu perhitungan pendapatan, keuangan, dan barang daerah kabupaten Bogor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPKBD melakukan pencatatan sesuai dengan PSAP. Pendapatan diakui pada saat diterima pada rekening kas umum daerah. Pencatatan tersebut sesuai dengan SAP. Pencatatan yang dilakukan menggunakan cash basis dimana setelah kas masuk maka pencatatan dilakukan. Dalam proses pencatatannya seluruh bukti-bukti pendapatan baik berupa bukti transfer, bukti setoran pajak, dan bukti-bukti lainnya akan dikumpulkan dan kemudian dicatat kedalam Laporan Realisasi Anggaran.

Hasil telaahan yang penulis dapatkan adalah bahwa SAP merupakan acuan dalam pencatatan semua laporan termasuk Laporan Realisasi Anggaran. Dengan menggunakan prinsip uang mengikuti fungsi, bahwa uang yang dikumpulkan oleh pemerintah daerah digunakan sebaik-baiknya untuk fungsi pemerintah dan juga kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor.

Kata Kunci : standar akuntansi pemerintahan, penerapan atas pendapatan
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Telaahan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan atas Pendapatan yang Terdapat Pada Dinas Pendapatan Keuangan dan Barang Daerah ; filetype:pdf
  Back To Previous