Analisis Penerapan Sistem Akuntansi Instansi (SAI) Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pada Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor (SMAKBO)

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 6210125
ISBN/ISSN
Author(s) Ina Wardani L.
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language Indonesia
Publisher STIE Kesatuan Bogor
Publishing Year 2010
Publishing Place Bogor
Collation
Abstract/Notes INA WARDANI LATIFAH. NRP : 06210125. Analisis Penerapan Sistem Akuntansi Dalam Penyusunan Laporan Keuangan. Studi kasus pada Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor (SMAKBO). Dibawah bimbingan Bambang Pamungkas dan Rinto Tristiadi.


Dalam Undang-Undang No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara yang mensyaratkan bentuk dan isi laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBN/APBD disusun dan disajikan sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan yang ditetapkan dengan peraturan pemerintah. Undang-Undang No.17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan Undang-Undang No.1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.Sistem Akuntansi Instansi (SAI) merupakan serangkaian prosedur manual maupun yang terkomputerisasi mulai dari pengumpulan data, pencatatan, pengikhtisaran sampai dengan pelaporan posisi keuangan dan operasi keuangan pada kementerian/lembaga. Sistem Akuntansi Instansi (SAI) terdiri dari Sisitem Akuntansi Keuangan (SAK) dan Sistem Akuntansi Manajemen Barang Milik Negara (SIMAK-BMN).

Menganalisa prosedur Sistem Akuntansi Instansi (SAI) merupakan hal penting dalam proses penyusunan laporan keuangan untuk keperluan pertanggungjawaban keuangan yang meliputi Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Catatan atas Laporan Keuangan dan pengelolaan Barang Milik Negara (BMN). Peranan Sistem Akuntansi Instansi (SAI) dalam pembuatan laporan keuangan pada Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor (SMAKBO) yang bertempat di Jalan Binamarga I Ciheuleut, Baranangsiang, Bogor Timur 16143 ini berada di bawah Kementerian Perindustrian , sangat berpengaruh terhadap penyusunan laporan keuangan karena dari setiap laporan-laporan yang diterima selalu menggunakan Sistem Akuntansi Instansi (SAI) dari awal proses pengeluaran pembelanjaan sampai akhirnya data dimasukkan ke dalam Sistem Akuntansi Instansi (SAI).
Tujuan dari analisa ini adalah untuk mengetahui bagaimana sumber daya manusia yang menjalankan sistem akuntansi instansi dan untuk mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaan Sistem Akuntansi Unit Kuasa Penggunan Anggaran dan juga prosedur integrasi Sistem Akuntansi Unit Kuasa Pengguna Anggaran ke dalam Sistem Akuntansi Instansi (SAI). Hasil dari analisa penyusunan laporan keuangan yaitu bahwa prosedur yang di jalankan oleh SMAKBO sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga menghasilkan laporan keuangan yang baik serta dapat dipertanggungjawabkan.

Setelah mengetahui secara rinci mengenai definisi dari tiap-tiap komponen mengenai sistem akuntansi instansi dan laporan keuangan maka dapat disimpulkan bahwa dalam menjalankan prosedur serta pelaporan laporan keuangan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku dan harus selalu tepat waktu agar menghasilkan laporan keuangan yang baik. Sehingga dalam proses Sistem Akuntansi Instansi (SAI) dalam penyusunan laporan keuangan yang ada di Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor (SMAKBO) sudah berjalan dengan baik sehingga perlu dipertahankan.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Analisis Penerapan Sistem Akuntansi Instansi (SAI) Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pada Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor (SMAKBO) ; filetype:pdf
  Back To Previous