Evaluasi Atas Sistem Penggajian Dalam Kaitannya Dengan Pengendalian Intern Pada Pt. Dae Kwang

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 02210080
ISBN/ISSN
Author(s) Erick Desmana . S
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language
Publisher
Publishing Year 2010
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes ERICK DESMA SURYADINATA. NRP : 02210080. Evaluasi atas Sistem Penggajian dalam kaitannya dengan Pengendalian Intern. Studi kasus pada PT. Dae Kwang dibawah bimbingan HASTONI.
Sistem penggajian merupakan rangkaian prosedur yang berkaitan dengan pengelolaan data karyawan mulai dari pencatatan, perhitungan sampai dengan pembayaran gaji. Dalam pengelolaan data tersebut perlu di awasi dari kemungkinan ter jadinya kesalahan perhitungan, pengklasifikasian, dan pendistribusian biaya gaji sehingga diperlukan adanya pengendalian yang memadai agar tujuan pengendalian intern atas gaji tercapai.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi system penggajian di perusahaan pengolahan kulit yang melakukan pencatatan, perhitungan dan pembayaran gaji. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui apakan system penggajian yang diterapkan di perusahan tersebut telah dijalankan dan diharapkan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan pihak manajemen dalam mengendalikan biaya gaji, dan dikaitkan dengan komponen pengendalan intern atas gaji. Penelitian ini dilakukan oleh penulis di PT. Dae Kwang, yang berlokasi di Desa Leuwinutug, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. PT. Dae Kwang adalah perusahaan industri pengolahan kulit, yang mengolah kulit mentah (wet blue) menjadi kulit setengah jadi.
Dalam penyusunan skripsi ini, metode yang digunakan oleh penulis adalah metode deskiptif, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan cara: riset kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder, dan riset lapangan untuk mendapatkan data primer dari perusahaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Dae Kwang telah menerapkan system penggajian dengan cukup baik. Hal tersebut ditunjukan dengan adanya prosedur-prosedur, dokumen-dokumen dan catatan-catatan dalam system penggajiannya yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan mengetahui karyawannya yang melakukan kecurangan dan mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi. Laporan-laporan yang dihasilkan oleh sistem penggajian, khususnya mengenai perhitungan absensi dan biaya gaji, yang dipergunakan oleh perusahaan sebagai dasar perhitungan pembayaran gaji. disamping itu dengan system penggajian keakuratan dalam pencatatan, perhitungan dan pembayaran gaji dijadikan sebagai dasar pengendalian intern atas gaji
Hasil evaluasi dalam penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa hal yang menjadi perhatian, antara lain: 1) tidak terdapatnya job description secara tertulis, sehingga pekerjaan masing-masing karyawan sulit didefinisikan, terutama disaat karyawan yang bersangkutan tidak masuk atau keluar dari perusahaan. Selain itu juga akan menimbulkan ketidakjelasan akan tanggung jawab masing-masing, sehingga dapat terjadi tumpang tindih pekerjaan, 2) kurangnya sumberdaya manusia yang ditempatkan pada bagian pencatatan dalam hal ini bagian keuangan dan akuntansi yang terrangkap menjadi satu bagian, 3) belum adanya internal audit didalam perusahaan untuk mengawasi dan memeriksa jalannya kegiatan usaha perusahaan, sehingga kecurangan atau masalah yang mungkin terjadi tidak dapat diatasi dengan cepat. Dengan adanya kekurangan tersebut, resiko terjadinya penggelapan dan manipulasi data penggajian dapat terjadi. Adanya penambahan karyawan pada bagian keuangan dan pengawas intern dalam struktur organisasi serta kejujuran, loyalitas dan tanggung jawab karyawan terhadap perusahaan menjadi penentu keberhasilan pengendalian intern atas gaji.

Keywords: system penggajian, pengendalian intern
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Evaluasi Atas Sistem Penggajian Dalam Kaitannya Dengan Pengendalian Intern Pada Pt. Dae Kwang ; filetype:pdf
  Back To Previous