Analisis Akuntansi Investasi Pada Perusahaan Asosiasi Dalam Kaitannya Dengan PSAK No. 15

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 06210072
ISBN/ISSN
Author(s) NOVIANTO
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language
Publisher
Publishing Year 2010
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes NOVIANTO. NRP : 06210072. Analisis Akuntansi Investasi pada Perusahaan Asosiasi Go Public dalam Kaitannya Dengan PSAK No.15. Dibawah Bimbingan H. Moermahadi Soerja Djanegara dan H. Aming Tirta,


Akuntansi untuk investasi dengan metode biaya (nilai wajar untuk surat berharga yang dapat diperjualbelikan dan biaya perolehan untuk surat berharga yang tidak dapat diperjualbelikan) dimana perusahaan investor tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi aktivitas dari investee, sedangkan akuntansi dengan metode ekuitas (equity method) perusahaan investor mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap operasi investee. Pencatatan dengan metode-metode tersebut berlaku pada investasi modal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perusahaan emiten mencatat investasi pada perusahaan asosiasinya dan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pencatatan investasi dalam kaitannya dengan PSAK No.15. Penulis melakukan peneltian dengan menganalisis 15 perusahaan yang sudah go pubic yang bergerak di berbagai bidang industri seperti otomotif, farmasi, kimia, jasa komputer, eceran, pariwisata, pertambangan, konstruksi, rokok ,semen, dan telekomunikasi.

Hasil analisis yang dilakukan terhadap keduapuluh perusahaan go public menunjukkan bahwa pada setiap perusahaan menyajikan investasi pada perusahaan asosiasinya berbeda satu sama lain. Pada PT Aneka Tambang Tbk, perusahaan menyajikan semua investasinya baik yang menggunakan metode ekuitas atau metode biaya bersama-sama dalam satu akun. Sedangkan pada PT Indosat Tbk, investasi yang dicatat dengan metode ekuitas dan metode biaya disajikan secara terpisah.

Pada PT Bayu Buana Tbk dan PT Ekadharma Internasional Tbk, terdapat nilai investasi yang presentase kepemilikannya lebih dari 50%. Hal ini tidak sesuai dengan PSAK No. 15 karena kepemilikan lebih dari 50% tidak dapat dikatakan perusahaan asosiasi melainkan perusahaan anak yang memiliki hak kendali.


Keywords : Investasi pada perusahaan asosiasi, metode ekuitas, dan metode biaya
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Analisis Akuntansi Investasi Pada Perusahaan Asosiasi Dalam Kaitannya Dengan PSAK No. 15 ; filetype:pdf
  Back To Previous