Evaluasi Pencatatan Pendapatan Atas Penerimaan Premi, Pembayaran Pensiun dan THT dan Pertanggung Jawaban Kepada Kas Negara

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 5210091
ISBN/ISSN
Author(s) irfan
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language
Publisher
Publishing Year 2009
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes IRFAN. NRP : 05210091. Evaluasi Pencatatan Pendapatan atas Penerimaan Premi, Pembayaran Tabungan Hari Tua (THT) dan Pensiun dan pertanggungjawaban kepada kas negara : Studi kasus pada PT Taspen (Persero) Cabang Bogor. Dibawah bimbingan Siti Ita Rosita


Dana pensiun merupakan akumulasi dana yang diselenggarakan oleh suatu lembaga tertentu dengan tujuan untuk membayar tunjangan untuk pegawai yang telah mencapai batas usia tertentu atau karena sebab-sebab lain.
PT Taspen (Persero) merupakan perusahaan negara yang mengelola dana tabungan dan asuransi pegawai negeri. Peserta yang mengikuti dana pensiun adalah pensiunan pegawai negeri sipil (PNS). Mengingat sangat pentingnya dana pensiun bagi pegawai negeri sipil untuk menjamin hidup dihari tuanya, maka PT Taspen (Persero) menyelenggarakan program Tabungan Hari Tua (THT) ( termasuk asuransi kematian), dana pensiun ( termasuk uang duka wafat), program kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan program jaminan sosial lainnya.
Pendapatan yang diterima PT Taspen (Persero) adalah pendapatan premi THT dan Pensiun. Pendapatan premi merupakan pendapatan PT Taspen yang diperoleh dari potongan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pejabat negara semasa aktif yaitu sebesar 4,75% dari gaji pokok, tunjangan istri dan tunjangan anak setiap bulannya. Sedangkan pendapatan premi THT merupakan potongan gaji pegawai negeri sipil (PNS) yaitu sebesar 3,75% yang dipotong dari gaji pokok, tunjangan istri dan tunjangan anak.
PT Taspen akan melakukan pembayaran Pensiun dan THT bagi peserta yang sudah berhak mendapat uang pensiunnya. PT Taspen melakukan pembayaran pensiun secara tunai dan transfer ke bank. PT Taspen akan menyerahkan dana pensiun kepada masing-masing kantor bayar di bank-bank yang sudah ditunjuk, dan selanjutnya bendaharawan kantor bayar tersebut yang akan menyerahkannya kepada peserta pensiun.
PT Taspen akan membuat Surat Pertanggungjawaban Pembayaran Pensiun (SPJP) setelah mendapat laporan pertanggungjawaban (LPJ) dari bendaharawan kantor bayar. SPJP tersebut disyahkan terlebih dahulu oleh KPPN yang kemudian dikirimkan ke kantor pusat PT Taspen (Persero).

Keywords : Penerimaan premi pensiun dan THT, pertanggungjawaban kepada kas negara
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Evaluasi Pencatatan Pendapatan Atas Penerimaan Premi, Pembayaran Pensiun dan THT dan Pertanggung Jawaban Kepada Kas Negara ; filetype:pdf
  Back To Previous