ASPEK PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SURAT YUSUF AYAT 23-33 APLIKASINYA DALAM PERGAULAN REMAJA MUSLIM

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number C-83
ISBN/ISSN
Author(s) Robby Awaludin
Subject(s) SKRIPSI PAI
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI
Publishing Year 2016
Publishing Place Tasikmalaya
Collation 105 hlm; 29,5 cm
Abstract/Notes Kurangnya pemahaman terhadap kandungan al-Qur'an menimbulkan degrasi moral remaja muslim saat ini itulah yang melatar belakangi penelitian ini. Kisah menarik anatara Yusuf dan Zulaikha dalam surat Yusuf ayat 23-33 menjadi daya tarik penulisan karena relevan dengan pergaulan remaja muslim. dengan tujuan remaja muslim memiliki panduan dalam pergaulannya.
Untuk memperoleh data yang representatif dalam pembahasan skripsi ini,digunakan metode penelitian kpeustakaan (library reserch) dengan cara mencarimengumpulkan,membaca,dan menganalisis buku yang ada di relevansinya dengan masalah penelitian.kemudian di olah sesuai dengan kemampuan penulis. Adapun jenis penelitian dalam penulisan skrifsi ini adalah kualitatif.
Penulis ini menemukan dua orang ahli tafsir yaitu Imam asa-Sa'di dan Imam Nawawi Banten yang meberikan pendapat dalam kitab tafsiran kaitannya dengan pendidikan akhlak sedangkan Ibnu Kasir,Ibnu Jarir dan yang lainya tidak memberikan pendapat karena fokus menjelaskan kalimat-kalimatnya.
Metode pendidikan akhlak dalam 11 ayat tersebut ada tiga metode yaitu uswah (keteladanan), nasehat dan metode kisah yang dipadukan secara menyeluruh dan begitu apik dari tiap ayat dan isi kandungannya ayat dan alur ceritanya. Maka peneliti menyebutnya metode syamil artinya menyeluruh maksudnya dua atau lebih metode yang di padukan.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
ASPEK PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SURAT YUSUF AYAT 23-33 APLIKASINYA DALAM PERGAULAN REMAJA MUSLIM ; filetype:pdf
  Back To Previous