STRATEGI PONDOK PESANTREN DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT JIWA KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number E-105
ISBN/ISSN
Author(s) Muhammad Iqbal Taufiq
Subject(s) Skripsi Eksyar
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI
Publishing Year 2018
Publishing Place Tasikmalaya
Collation
Abstract/Notes Penelitian ini rumusan masalah dan tujuannya untuk mengetahui: 1) Konsep kewirausahaan Pondok Pesantren 2) Bentuk-bentuk kewirausahaan yang terdapat di Pondok Pesantren serta 3) Untuk mengetahui strategi yang ditempuh oleh Pondok Pesantren Tarekat Al-Idrisiyyah Tasikmalaya,dalam menumbuhkan semangat jiwa kewirausahaan masyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis dengan metode : wawancara,observasi,dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Konsep kewirausahaan Pondok Pesantren Tarekat Al-Idrisiyyah Tasikmalaya merupakan dasar sesuatu untuk melakukan kegiatan.
"Pondok Pesantren ini menanamkan nilai religius,antara lain uswah al-hsanah,kedisiplinan,kemandirian,kewirausahaan,nilai ibadah,akhlak dan sebagainya". (2) Bentuk-bentuk kewirausahaan yang terdapat di Pondok Pesantren Tarekat Al-Idrisiyyah Tasikmalaya adalah meliputi tiga bidang yaitu bidang Agribisnis yang meliputi usaha : pertanian,dan budi daya ikan. Bidang Produksi meliputi usaha kecil menengah (UKM) seperti qini mart, kopontren, dan usaha simpan pinjam (BMT) (3) Strategi dalam menumbuhkan semangat jiwa kewirausahaan adalah berupa motivasi yang merupakan inti dari semua aktivitas dalam menumbuhkan kemandirian masyarakat sekitar,sebagaimana yang telah diterapkan oleh Pondok Pesantren Tarekat Al-Idrisiyyah Tasikmalaya,hal ini semakin nampak ketika pengelola Pondok Pesantren memberikan motivasi kepada masyarakat,khususnya dalam menumbuhkan semangat jiwa kewirausahaan. Motivasi yang diberikan merupakan perpaduan antara motivasi yang bersifat umum dan motivasi yang bersifat religius,yang bersumberkan dari Al-Qur'an dan As-Sunnah.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
STRATEGI PONDOK PESANTREN DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT JIWA KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT ; filetype:pdf
  Back To Previous